PERINDU SYURGA

Hati bersatu karena kerinduan pada Illahi

Erdogan, Prestasi yang Tak Kenal Stagnan!
*****

Mari kita bandingkan dengan para penyeru khilafah semu!

Presiden Republik Turki Abdullah Gul dan PM Turki Recep Tayip Erdogan meresmikan kereta bawah laut yang diberi nama Marmaray Projesi, Selasa (29/10). Peresmian itu menandai terwujudnya mimpi 153 tahun rakyat Turki untuk memiliki kereta bawah laut.

Proyek kereta bawah laut ini sudah dicanangkan sejak tahun 1861 oleh Sultan Abdul Majid dan Sultan Abdul Hamid pada tahun 1891. Keduanya merupakan Sultan Osmanli yang berkuasa pada saat itu. Untuk mewujudkan mimpi tersebut pemerintahan Turki saat itu mendatangkan sejumlah ahli dari AS, Inggris, dan Perancis untuk merencanakan proyek tersebut.



Namun kedua sultan tersebut tidak dapat merealisasikan rencananya saat itu. Baru di masa Erdogan rencana itu dihidupkan kembali.

Terowongan bawah laut yang menyambungkan antara bagian Asia dan Eropa kota Istanbul ini berada di kedalaman 63 mdpl. Ini terowongan bawah laut paling dalam di dunia saat ini.

Dalam sambutannya Erdogan menyampaikan, proyek ini bukan hanya untuk rakyat Istanbul saja, tetapi ini juga merupakan proyek kemanusiaan untuk seluruh penduduk Turki. Ia bahkan memimpikan suatu saat dari Marmara, Istanbul akan tersambung ke negara-negara lain.

“Dari Marmara ke Peking, Tokyo, sampai ke London insya Allah akan menjadi proyek saudara-saudara kita. Sebuah proyek solidaritas dan perdamaian,” ujarnya.

Selain terowongan bawah laut, tahun 2015 mendatang juga akan diresmikan jembatan penyambung antara benua Asia dan Eropa ke tiga yang ada di Istanbul, yaitu Jembatan Yavuz Sultan Selim. Proyek pembangunan ini tidak hanya akan berpusat pada kota Istanbul saja tapi juga akan disusul oleh proyek yang sekarang sedang dikerjakan di daerah lainnya di Turki.

Sebagai penutup pidatonya dalam peresmian Marmaray Pröjesi ia mengatakan, “Kalian cinta atau tidak, suka atau tidak, memberi suara atau tidak kepada kami, masyarakat Istanbul dan Turki dengan bangga mendengar ketenangan hati dalam investasi besar ini,” ujarnya.

“Kami bukan penguasa bangsa ini, kita adalah pelayan untuk bangsa ini. Ini adalah pelayanan, Marmaray tidak akan menjadi yang terakhir,” katanya bersemangat.

Kereta ini diperkirakan akan mengangkut sekitar 1,5 juta penumpang setiap harinya dan akan mendulang pendapatan sekitar 2 juta TL (Turki Lira) per harinya. Jika pendapatan yang dihasilkan terus dalam keadaan stabil, diperkirakan dalam jangka waktu 9,4 tahun proyek ini akan mencapai titik impas (break event point). (tajuk/sbb/dakwatuna)


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Perindu Syurga

Perindu Syurga
Cinta Kerja Harmoni

About Me

Followers

Pageviews

Hikmah Hari Ini

“Saya bersama kalian, saya berada diantara kalian, untuk memegang teguh syari’at Undang-undang. Kita mencintai Rab Kita melebihi tanah air kita, dan kita berbuat adil, adil dengan apa yang kita katakan. Kami menginginkan kemerdekaan dan keadilan untuk anak anak kita.” (Muhammad Mursi).