PERINDU SYURGA

Hati bersatu karena kerinduan pada Illahi

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon meluncurkan buku "Hari Terakhir Kartosoewirjo: 81 Foto Eksekusi Mati Imam DI/TII".

Buku setebal 91 halaman itu menampilkan foto-foto detik terakhir kematian ulama kharismatik yang memiliki nama lengkap, Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo sebelum dieksekusi mati oleh militer.

"Sebuah cerita yang tidak bisa kita tangkap kecuali dengan melihat arsip foto detik terakhir eksekusi mati Kartosoewirjo," kata Fadli Zon dalam bedah bukunya di Galery Cipta II, TIM, Cikini, Jakarta, Rabu 5 September 2012.

Menurutnya, dalam berbagai karya tulis mengenai Kartosoewirjo yang telah ada, sangat sedikit sekali bukti foto yang ditampilkan. Apalagi detik terakhir tokoh DI/TII itu ketika menjalani eksekusi mati. Padahal, kata Fadli Zon, arsip foto adalah kekayaan yang sangat berharga dalam pengembangan sejarah.

"Minimnya publikasi foto Kartosoewirjo tidaklah mengherankan, karena memang sangat sulit untuk memperolehnya," ujarnya.

Kondisi ini mengakibatkan beberapa informasi penting mengenai kapan dan di mana Kartosoewirjo dieksekusi mati, belum terjawab.

Di dalam buku ini, terangkai secara urut arsip foto prosesi eksekusi mati Kartosoewirjo yang terjadi pada 5 September 1962. Di buku ini juga, kata Fadli Zon, misteri lokasi eksekusi mati sekaligus makam Kartosoewirjo terjawab sudah.

"Foto-foto di buku itu bercerita bahwa Kartosoewirjo dieksekusi mati dan dimakamkan di Pulau Ubi, Kepulauan Seribu. Bukan di Pulau Onrust atau di pulau-pulau lain," dia menegaskan.

Fadli Zon berharap, buku yang disusunnya berdasar foto-foto otentik ini dapat memberi nilai sejarah baru yang belum diketahui secara luas oleh masyarakat Indonesia tentang detik-detik akhir kematian Kartosoewirjo.

"Buku ini mungkin bisa menyibak kabut misteri selama 50 tahun ini yang menjadi tanda tanya bagi keluarga, peneliti, dan masyarakat umum," kata dia.


Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo
Kartosoewirjo menikmati kopi bersama istri untuk terakhir kalinya sebelum berangkat ke Pulau Ubi
Saat pertemuan terakhir dengan keluarga












Kartosoewirjo berdoa setelah selesai sholat taubat
Dengan posisi tangan diborgol, dan dijaga ketat petugas, Kartosoewirjo masuk ruang tunggu..



Kartosoewirjo bersiap pindah kapal
















Kartosoewirjo menyeberang pindah ke kapal LCM untuk menuju ke Pulau Ubi









Saat masuk dan turun dari kapal

Kartosoewirjo menuju tiang eksekusi mati

Saat eksekusi berlangsung


















Pemeriksaan setelah eksekusi

Saat sesudah eksekusi

Jenazah Di Mandikan
Jenazah Kartosoewirjo dibawa ke tempat penguburan
Innalillahiwainnailaihirojiun



Sumber: Kaskus


0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Perindu Syurga

Perindu Syurga
Cinta Kerja Harmoni

Arsip Tulisan

About Me

Followers

Pageviews

Hikmah Hari Ini

“Saya bersama kalian, saya berada diantara kalian, untuk memegang teguh syari’at Undang-undang. Kita mencintai Rab Kita melebihi tanah air kita, dan kita berbuat adil, adil dengan apa yang kita katakan. Kami menginginkan kemerdekaan dan keadilan untuk anak anak kita.” (Muhammad Mursi).